Blog / Pengertian Notebook Refurbish

notebook-150x150Notebook Refurbished, berdasarkan kamus, kata “refurbish” dapat berarti diperbaharui, menyangkut perbaikan dan pengkondisian ulang, sehingga mendekati kualitas baru.
Produk refurbished adalah produk yang tidak memenuhi standar kualitas, atau cacat produksi yang terlanjur dikeluarkan ke pasar, oleh pabrik produk ini ditarik dan diperbaiki bahkan direkondisikan. Kemudian produk ini dijual lagi dengan harga yang jauh lebih murah bahkan dapat mencapai 30%. Di Negara kita Indonesia, jarang toko komputer yang mau jujur memberikan informasi apakah produk refurbish atau bukan, tidak seperti di negara-negara maju (Amerika dan Eropa) yang melabeli produk-produk tersebut dengan label refurbish dan tidak boleh dijual sebagai barang baru meskipun terlihat baru, ada segel pabrik, buku manual dll.

Nah apakah aman mebeli notebook refurbish? apakah ada Garansi?

Sebelum menjawab, ada kalanya kita menyimak berbagai definisi Notebook refurbish menurut vendornya.
SONY: Notebook refurbish dari Sony adalah notebook yang direkondisikan kembali sesuai dengan sfesifikasi original pabriknya, kemudian menjalani pengujian untuk memastikan kualitasnya. Kemungkinan ada kekurangan atau cacat pada tampilan luarnya, mungkin tergores atau apa, namun hal ini tidak mempengaruhi performanya, dan disertai dengan garansi 90 hari.

DELL: Refurbished notebooks, disini untuk notebook yang telah ditarik kemudian di rekondisikan, meliputi penggantian part yang tidak memenuhi standar sesuai setingan dan spesifikasi pabrikannya, namun pada level ini notebook memiliki goresan-goresan tipis yang tampak namun tidak mempengaruhi performa. Dell juga memberikan garansi yang sama seperti produk baru. detilnya bisa klik disini.

Apple: Pada dasarnya standard semua notebook itu sama, meliputi pengerjaan dan rekondisi produk seperti keadaan baru, namun APPLE memberikan Garansi produk 1 tahun untuk notebook refurbishnya.

HP: Hp menawarkan dua pilihan Notebook murahnya, Remanufakturing dan Refurbish. Remanufakturing adalah proses pengkondisian dan pembaharuan komponen seperti baru, dengan melewati pengujian dan memenuhi standar kualitasnya, sedangkan refurbish adalah pengkondisian yang mendekati baru, jadi disini HP tidak melakukan pengujian yang menjamin kualitas seperti baru. Kedua produk tersebut mendapat garansi 1 tahun dari HP.

Nah itulah gambaran apa itu refurbish notebook dan apakah ada jaminan garansinya?? Apakah berani membelinya??

Jawabannya adalah ada dan berani asalkan kita membeli dari vendornya atau badan yang ditunjuk oleh vendornya. Seperti halnya DELL, secara resmi menjual produk refurbishnya lengkap dengan jaminan garansi di Deloutlet

Namun bagaimana dengan di Indonesia? mungkin ada beberapa vendor yang jujur menerangkan ini produk refurbish ini produk remanufactur, ini produk baru. Kalo boleh saran mending mencari produk yang memang benar-benar didistribusikan melalui authorizednya, karena lumayan sulit untuk membedakan mana refurbish, mana remanufacturing, mana all-new brand.


Postingan populer dari blog ini